PENTING NYA NPWP SAAT PENGAJUAN KREDIT

Mungkin Anda pernah mendengar pengajuan kredit ke bank rekan Anda ditolak. Lalu, apa sih permasalahannya? Ada banyak banyak faktor tentunya yang membuat pengajuan kredit ke bank itu ditolak. Salah satunya yang paling sederhana namun terkadang tidak disadari, yakni kepemilikan NPWP (Nomot Pokok Wajib Pajak).

Kendati status orang tersebut bersih alias tidak masuk dalam kategori blacklist di BI checking, namun hanya karena tidak memiliki NPWP, tetap saja pengajuan pinjaman ke bank gagal juga. Untuk itu, penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan agar upaya Anda untuk mengajukan kredit di bank tidak ada kendala.

Mungkin sebagian orang menanyakan kenapa NPWP ini begitu penting? Yup, keberadaan NPWP bagi setiap orang khususnya yang sudah memiliki penghasilan sendiri ini sangat penting. Sebab, hal ini terkait dengan kepatuhan seseorang terhadap kewajibannya membayar pajak.

Sebagai individu yang taat pajak, status tersebut bisa dibuktikan dengan kepemilikan NPWP di tangan. Bisa dibilang, keberadaan NPWP tak beda dengan kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Bila Anda tidak memiliki KTP, maka dalam mengurus segala sesuatunya juga tidak akan bisa berjalan lancar dan memperoleh apa yang dibutuhkan.

Sebab, semua administrasi di sebuah institusi nyaris selalu dibutuhkan adanya yang namanya identitas diri tersebut. Dengan KTP, maka informasi yang diperlukan mengenai diri Anda bisa diketahui. Hal ini tak ubahnya dengan NPWP, yang keberadaannya juga diperlukan sebagai cerminan dari diri bahwa Anda adalah warga negara yang baik.

Satu hal lagi, kewajiban memiliki NPWP dan membayar pajak juga telah diatur dalam UU No.28/2007 Pasal 39 Ayat 1, bahwa untuk warga negara Indonesia yang tidak membayar pajak akan dikenakan paling sedikit penjara 6 bulan dan paling lama 6 tahun. Selain itu, juga ada penerapan denda paling sedikit hingga dua kali lipat bagi mereka yang belum membayar kewajibannya tersebut.

Bicara mengenai pentingnya NPWP, bukan hanya berurusan dengan pihak perbankan, tapi wajib memiliki NPWP juga sebagai syarat untuk mengajukan berbagai dokumen yang dibutuhkan seperti pembuatan paspor, dan sebagainya. Apalagi bila Anda butuh dana cepat dari bank, syaratnya pasti melampirkan NPWP.

Lalu, Apa Kaitannya NPWP dengan Bank?

Ya, antara kepemilikan NPWP dengan administrasi perbankan tentunya sangat berkaitan erat. Karena hal ini sebagai salah satu acuan juga apakah sebagai individu, Anda bisa memenuhi tanggung jawab dan kewajiban dengan baik dan benar.

Gambaran sederhananya adalah tanpa dengan memiliki NPWP, maka pihak bank juga akan melihat seperti apa sosok pribadi Anda. Jika NPWP saja tidak punya, bagaimana bank percaya akan kemampuan Anda untuk membayar tagihan kredit nantinya?

Selain itu, kewajiban melampirkan NPWP juga sebagai bentuk kepatuhan perbankan yang telah diatur oleh pemerintah. Artinya, bila bank meloloskan berbagai urusan dengan nasabah yang tidak memiliki NPWP, maka bank tersebut juga menyalahi aturan yang ada. Tentu, bank juga tidak mau mengambil risiko yang sebenarnya bisa dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *