MARI TUKAR UANG LUSUH ANDA SEKARANG

TUKAR UANG LUSUH ANDA SEKARANG

Masyarakat diminta tidak khawatir jika uang dimiliki mengalami kerusakan. Sebab, Bank Indonesia (BI) akan mengganti penuh uang rusak tersebut. Sehingga BI meminta masyarakat agar menukarkan uang yang tidak layar edar dengan uang baru.

Anda pasti pernah mengalami kejadian mendapatkan uang rusak baik ketika belanja di pasar ataupun kembalian ketika naik angkutan umum. Apabila mengalaminya Anda pasti sangat kesal, namun jangan terburu-buru di buang, masih ada peluang untuk menukarnya dengan uang baru.

Bank Indonesia menerbitkan panduan soal penggantian uang lecek/lusuh dan rusak. Lalu bagaimana proses penukaran uang tak layak edar tersebut? Berikut ini KreditGoGo merinci prosedur penukaran uang.

Masyarakat dapat menukarkan uang Rupiah yang lusuh, rusak, dan uang yang telah dicabut/ditarik dari peredaran dengan uang Rupiah yang layak edar di kantor Bank Indonesia setempat atau pada waktu kegiatan kas keliling Bank Indonesia, dan di bank umum yang melayani penukaran uang.

1.Uang Lusuh

Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal kepada masyarakat yang menukarkan uang lusuh atau uang cacat sepanjang dapat dikenali keasliannya.

2.Uang Rusak

Bank Indonesia dan/atau pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang menukarkan Uang Rusak sebagai berikut:

Apabila uang rusak dapat dikenali ciri-ciri keasliannya dan memenuhi kriteria penggantian uang rusak, masyarakat akan mendapat penggantian dengan uang layak edar sejumlah uang rusak yang ditukarkan.

Apabila ciri-ciri keasliannya sulit diketahui, penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak untuk penelitian selanjutnya. Uang rusak yang ciri-ciri keasliannya sulit dikenali dapat dikirimkan dalam kemasan yang layak ke Bank Indonesia.

Hasil penelitian dan besarnya penggantian akan diberitahukan kemudian. Informasi selengkapnya mengenai hal ini dipublikasikan pada Buku Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar.

3. Uang Logam

Khusus untuk ung logam yang sudah jelak juga bisa loh Anda tukarkan. Jika Anda mau tukar uang koin buat lebaran? Anda bisa datang ke IRTI Monas Lenggang Jakarta pada hari Sabtu sampai Minggu (25 & 26 Juni 2016) pada jam 08.00 s.d. 17.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *