KREDIT TANPA AGUNAN

Bagi Anda yang sudah pernah meminjam uang pada pihak bank atau lembaga kredit pinjaman lain, Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah agunan. Bagi Anda yang belum, agunan adalah sebuah aset dari debitur yang diberikan pada pihak bank sebagai jaminan.

Meskipun sama-sama untuk meminjam uang, tapi kedua kredit tersebut memiliki karakter yang berbeda. Persyaratan untuk mendapatkan pinjamannya pun juga berbeda. Mari kita tinjau lebih jauh lagi mengenai perbedaannya dengan menggunakan Kredit Tanpa Agunan sebagai pembanding.

1. Kredit Tanpa Agunan
Kredit jenis ini tidak meminta suatu jaminan sebagai sebuah syarat untuk meminjam uang. Sebagai ganti jaminan tersebut, pihak bank akan melakukan sedikit pemeriksaan mengenai kelayakan calon debitur dengan cara memeriksa catatan kredit dan kemampuan finansial calon debitur untuk melunasi pinjaman.

Catatan tersebut didapatkan dari BI Checking, yang datanya didapat dari kumpulan berbagai bank dan lembaga peminjaman uang dalam periode waktu 24 bulan terakhir. Kemudian, kemampuan finansial calon debitur akan diperiksa melalui slip gaji, NPWP, dan juga berkas-berkas yang mendukung.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

Syarat Mudah : Kredit tanpa agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur keada kreditur. Karena itu, hal ini sangat membantu para calon debitur yang belum memiliki aset seperti rumah atau mobil. Untuk masalah kelengkapan dokumen, biasanya bank hanya akan meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit.

Masa Pencairan Cepat : Kredit tanpa agunan juga bisa digunakan untuk keperluan darurat atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Hal tersebut dikarenakan bank tidak memerlukan agunan apapun dari calon debitur, sehingga dana bisa cari dalam waktu dua hingga tiga hari.

Tiap Bank Mempunyai Program KTA : Hampir semua bank menawarkan kredit tanpa agunan. Beberapa bank bahkan sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pangsa pasarnya yang relatif tinggi. Yang diperlukan oleh calon debitur adalah menentukan dana pinjaman yang akan dipinjam dan bisa langsung pergi ke lembaga keuangan pilihan.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

 Bunga Tinggi : Salah satu kekurangan yang dimiliki kredit tanpa agunan adalah bunganya yang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Hal tersebut membuat bunga yang dibebankan menjadi tinggi.

Harus Mempunyai Kartu Kredit : Syarat lain dari kredit tanpa agunan adalah sudah memiliki kartu kredit paling tidak selama satu tahun. Hal tersebut sering membuat para calon debitur gagal mendapatkan pinjaman. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui hal ini.

Limit Kecil, Tenor Pendek : Kekurangan yang paling mendasar dari kredit tanpa agunan adalah limitnya yang sedikit. Umumnya bank hanya menawarkan produk kredit tanpa agunan dengan limit sampai Rp 200 juta. Oleh karena limit yang relatif kecil itu, masa tenor juga menjadi pendek.

2. Kredit Multiguna

Sedikit berbeda dengan kredit tanpa agunan, kredit multiguna adalah sebuah program kredit yang mana pihak bank akan meminta calon debitur untuk menyertakan aset untuk dijadikan sebagai jaminan pembayaran. Nilai jaminan atau aset tidak boleh lebih rendah dari jumlah yang akan dipinjam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *