INVESTASIPUN BUTUH WAKTU, YUK SIMAK CARANYA

Kini, investasi mulai menjadi sebuah tren yang ramai dilirik oleh banyak orang. Semakin hari semakin banyak pula masyarakat yang mengerti akan manfaat dan pentingnya untuk mulai berinvestasi. Walau belum setenar tabungan ataupun deposito, namun investasi sering dianggap menjadi aktivitas yang lebih menguntungkan.

Akan tetapi, bagi sebagian orang investasi kurang diminati karena memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Untuk itu, ayo simak 4 alasan tentang pentingnya waktu dalam berinvestasi berikut ini:

1. Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi adalah Sekarang
Tidak ada pernah kata terlambat untuk memulai berinvestasi. Untuk menuai hasil yang optimal di masa mendatang, Anda harusnya memulai investasi sejak dini, dan sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang agar membuahkan hasil yang lebih besar pula. Investasi tidaklah mengenal status, umur, gaji, atau pengetahuan dalam berinvestasi.

Anda kini bisa dengan mudah mempelajari cara berinvestasi secara otodidak melalui teknologi dalam genggaman. Mulailah investasi sejak sekarang jika tak ingin menyesal di hari depan.

2. Apa Tujuan Investasi Anda?
Anda mungkin sering bertanya-tanya jumlah yang harus disisihkan untuk berinvestasi. Untuk mengetahuinya, terlebih dahulu Anda harus tahu apa tujuan yang ingin dicapai dengan berinvestasi.

Adapun tujuan dari berinvestasi adalah untuk memperoleh keuntungan di masa depan atas harta yang dimiliki. Maka, semakin besar nominal yang ingin diraih dari investasi, tentunya lebih lama pula jangka waktu yang dibutuhkan.

Anda berhak memilih seberapa lama Anda akan menikmati hasil investasi dengan memilih investasi berdasarkan jangka waktunya yaitu jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang.

3. Cermat Memilih Instrumen Investasi
Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, Anda wajib memilih jenis instrumen investasi yang akan dijalankan. Instrumen yang dipilih tentunya akan mempengaruhi jangka waktu untuk mencapai target dan tujuan. Sebelum memilih instrumen investasi, pastikan Anda benar-benar mengenal instrumen yang dipilih, seperti jangka waktu, risk and return,serta cara pengelolaannya.

4. Jangka Panjang, Jangka Waktu Terbaik
Banyak yang beranggapan bahwa investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang paling potensial dan menguntungkan. Namun, Anda harus mengingat semakin besar potensi keuntungan ataupun return, maka semakin tinggi pula risiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, tentunya, untuk berinvestasi jangka panjang dibutuhkan waktu tidak sedikit dan harus banyak bersabar. Oleh karena itu, kesabaran adalah salah satu syarat yang wajib dimiliki oleh seorang investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *