CARA MENGATASI KEUANGAN YANG SEDANG BOKEK

Tunda pengeluaran yang tidak diperlukan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menunda pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting selama mungkin. Jika kamu merasa butuh mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya masih bisa ditunda, atau hal tersebut memang tidak terlalu penting atau tidak begitu diperlukan, sebaiknya tunda dulu pengeluaran tersebut.

Fokuslah untuk mempertahankan sisa uang kas yang kamu miliki saat ini selama mungkin, paling tidak hingga ada pemasukan lagi. Alokasikan sisa kas yang kamu punya tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama hingga tuntas.

Jual atau gadaikan aset tak terpakai

Hal yang kedua, pertimbangkan untuk menjual atau menggadaikan asetmu yang tidak terpakai. Misalnya kamu punya emas atau perhiasan yang tidak digunakan, kamu bisa gadaikan barang tersebut. Cek kembali juga barang-barang yang kamu punya, kalau kamu punya handphone atau tablet yang sudah tak terpakai lagi, daripada disimpan hingga harga jual kembalinya terus turun, kamu bisa jual barang tersebut.

Begitu pula dengan pakaian, buku-buku, atau barang lainnya yang kira-kira masih layak untuk dijual. Manfaatkan semua barang yang kamu miliki dan dapatkan uang kas dari sana. Meski tak seberapa, hasil penjualan barang tersebut bisa memberimu kas tambahan yang bermanfaat sebagai amunisi untuk bertahan hidup hingga gajian berikutnya.

Manfaatkan fasilitas kredit

Hal ketiga, tak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas kredit, misalnya seperti kartu kredit, atau kredit tanpa kartu kredit. Jika kamu perlu membeli barang di toko dan mereka menerima pembayaran menggunakan fasilitas kredit sementara uang kas yang kamu miliki saat ini terbatas, manfaatkan dulu fasilitas kredit tersebut. Hal ini lebih disarankan daripada harus menggunakan sisa uang kas kamu.

Simpan sisa uangmu dengan baik, dan alokasikan dana tersebut untuk kebutuhan yang lebih mendesak misalnya bayar uang sekolah anak, atau bayar utang. Buat kamu yang belum punya kartu kredit, bisa saja coba untuk mengajukannya ke salah satu bank penerbit. Namun jika kamu tak mau melewati proses pengajuan kartu kredit konvensional yang memiliki banyak tahapan dan membutuhkan waktu lama, kamu bisa mengajukan kredit online tanpa kartu kredit melalui https: www.kredivo.com.

Kredivo memiliki teknologi penilaian riwayat kredit berdasarkan data-data digitalmu yang berbeda dari sistem BI Checking. Meski kamu tidak memiliki riwayat kredit sebelumnya, pengajuan kreditmu tetap memiliki kesempatan untuk diterima. Kredivo menawarkan dua opsi pembayaran, yaitu bayar tunai dalam 30 hari, dan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga paling rendah dibanding perusahaan multi-finansial lainnya, yaitu 2,95% per bulan. Prosesnya serba online, mudah, dan cepat. Dan salah satu kelebihan Kredivo yang tidak dimiliki oleh perusahaan sejenis adalah kamu tidak perlu memberikan DP saat membeli barang dengan Kredivo.

Kamu tinggal download aplikasinya lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang dipilih. Tak perlu mengirimkan banyak dokumen dan melewati proses survei, karena semua proses verifikasi dilakukan oleh sistem yang canggih. Proses persetujuannya pun hanya memakan waktu maksimal 1 x 24 jam. Setelah di-approve, jumlah plafon kredit yang diberikan akan muncul langsung di bagian dashboard aplikasi.

Dengan adanya fasilitas Kredivo, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan, mulai dari membeli pulsa, membayar tagihan listrik, mendaftar katering bulanan, hingga membeli barang impian seperti smartphone atau laptop, karena Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 e-commerce rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan Shopee. Batas kredit maksimal yang bisa diperoleh juga besar, hingga mencapai Rp 20 juta, sehingga kamu bisa membeli beberapa barang kebutuhan sekaligus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *