CARA KELOLA KEUANGAN ALA WANITA MODERN

Saat ini kaum wanita yang bekerja dan memiliki penghasilan tetap merupakan hal-hal yang wajar saja terjadi. Kaum wanita saat ini sudah banyak yang mampu untuk hidup mandiri dan tidak ketergantungan dengan pria secara finansial. Bahkan beberapa diantaranya juga memiliki usaha sendiri yang cukup sukses.

Namun, bukan berarti hal ini dijadikan alasan bagi wanita untuk menghambur-hamburkan uang yang mereka miliki hanya untuk berbelanja ataupun memanjakan diri secara berlebihan.

Memiliki pemasukan sendiri membuat Anda perlu untuk mengatur keuangan yang dimiliki secara bijak. Sehingga nantinya kondisi keuangan tetap stabil kedepannya dan juga terhindar dari krisis keuangan di masa depan. Untuk itu penting bagi wanita karier masa kini untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

1. Mencatat Pengeluaran

Cobalah untuk mencatat pengeluaran setiap bulannya, bahkan jika perlu setiap harinya. Pisahkan biaya transportasi, biaya makan, hingga belanja bulanan. Dengan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan, baik itu pengeluaran yang kecil hingga yang besar sekalipun membuat Anda akan lebih paham mengenai kebiasaan pengeluaran uang. Selain itu, Anda pun juga dapat menilai pos-pos pengeluaran manakah yang dapat dipotong sehingga nantinya lebih menghemat pengeluaran yang kurang penting.

2. Pisahkan Tabungan dan Investasi

Tabungan dan investasi merupakan dua hal yang cukup penting demi menjamin kondisi keuangan yang stabil di masa depannya. Kedua hal ini banyak pula dimanfaatkan para wanita modern apalagi yang memang memiliki uang cukup untuk ditabung maupun diinvestasikan.

Namun akan lebih baik jika memisahkan antara investasi dengan tabungan. Setidaknya 10% pemasukan dapat Anda masukkan ke dalam tabungan. Sedangkan untuk investasi, dapat mencoba mengikuti asuransi tertentu semisal asuransi kesehatan, asuransi jiwa, ataupun asuransi pensiun.

3. Siapkan Dana Darurat

Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, hal ini akan sangat penting untuk jaga-jaga jika terjadi resiko-resiko yang tidak diinginkan kedepannya. Meskipun wanita karir yang sukses dan mandiri sekalipun, dana darurat merupakan hal wajib yang perlu dimiliki.

Siapkan dana darurat tersebut ke dalam rekening khusus ataupun hanya menyimpannya di dalam rumah. Dana darurat ini dapat sangat berguna jika sewaktu waktu Anda mengalami kejadian yang tidak direncanakan. Sehingga nantinya tidak mengganggu kondisi keuangan utama.

4. Menabung di Awal Bulan

Cara cerdas lainnya yang harus dilakukan oleh wanita modern saat ini adalah menabung di awal bulan. Cara ini cukup efektif sehingga tidak kesusahan saat menyisihkan pemasukan untuk ditabungkan. Setidaknya sisihkan 10% hingga 30% dari pemasukan. Dengan cara ini, Anda akan terhindari untuk menghambur hamburkan uang yang tidak perlu.

Alasan lainnya mengapa menabung di awal bulan sangat efektif dilakukan adalah arena kondisi awal bulan adalah waktu yang masih stabil karena baru saja menerima gaji. Sehingga membantu Anda untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang menghamburkan uang yang mana malah membuat kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

5. Cari Sumber Pemasukan Baru

Sebagai wanita karir modern, tentu saja skill yang dimiliki harus terus menerus ditingkatkan. Dengan keahlian yang beragam tentu saja banyak hal yang bisa dilakukan termasuk menjalankan usaha sampingan.

Sehingga meskipun sudah bekerja, Anda tetap bisa menjalankan usaha sampingan yang mana dapat membuat pemasukan menjadi semakin maksimal. Tak hanya membuat pemasukan bertambah, tentu saja adanya kegiatan-kegiatan positif ini membuat Anda lebih sibuk dibandingkan menghabiskan waktu untuk berbelanja atau hal lainnya yang bersifat konsumtif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *