CARA DETEKSI PENIPUAN DENGAN NOMOR REKENING

Pernahkah Anda menerima pesan singkat seperti di atas? Sms bernada permintaan mengirimkan sejumlah uang ke nomer rekening asing tiba-tiba menyasar ke ponsel, padahal Anda tidak sedang terlibat suatu transaksi. Kalau begitu, sudah bisa dipastikan kalau pesan singkat itu adalah penipuan dan nomer rekeningnya adalah nomer rekening bermasalah yang kerap digunakan untuk tindak kejahatan.

Merebaknya kejahatan dengan melibatkan nomer rekening membuat kecemasan pada masyarakat yang gemar bertransaksi dengan menggunakan rekening bank meningkat. Mereka khawatir akan keamanan transaksi mereka. Hal serupa juga terjadi pada jual beli online.

Para pembeli online takut apakah nomer rekening penjual yang akan mereka kirimi uang bermasalah atau tidak. Oleh karena itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan solusi atas kekhawatiran masyarakat tersebut dengan meluncurkan website cekrekening.id yang akan memeriksa apakah suatu nomer rekening terindikasi tindak kriminal atau tidak.

Laporkan Jika Terjadi Tindak Kriminal
Fitur lain yang dimiliki oleh cekrekening.id adalah bisa melaporkan nomer rekening yang telah melakukan tindak kejahatan. Misalnya, Anda mempunyai pengalaman pernah tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang ke sebuah nomer rekening, laporkan segera lewat cekrekening.id

Caranya, pada lama utama website tersebut pilih menu laporkan nomer rekening. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomer rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening dan kronologi penipuannya.

Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen atau gambar yang dapat diunggah pada laman tersebut.

Untuk memudakan Anda, Kemenkominfo menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor (021) 384.5786 dan 0822-1010-1112. Atau, bisa juga menghubungi lewat email di cybercrimes@mail.kominfo.go.id.

Penggunaaan nomer rekening untuk tindak kejahatan ternyata tidak hanya menyasar penipuan jual beli online atau pengiriman sms acak yang meminta Anda mengirimkan sejumlah uang. Menurut Kemenkominfo dalam situs cekrekening.id, ada beberapa tindak kejahatan yang melibatkan nomor rekening, antara lain:

Penipuan
Investasi Palsu
Narkotika dan Obat Terlarang
Terorisme
Kejahatan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *