Bank Tabungan Negara (Bank BTN)

Bank Tabungan Negara (BTN) adalah sebuah perseroan terbatas yang bergerak di bidang penyedia jasa perbankan. Bank ini merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang pertama kali didirikan pada tahun 1987. Saat itu bank ini masih bernama Postspaar Bank yang terletak di Batavia. Selanjutnya Jepang membekukan kegiatan bank tersebut dan mengganti nama menjadi Chokin Kyoku. Pemerintah Indonesia mengambil alih dan mengubah namanya kembali menjadi Bank Tabungan Pos sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 9 Tahun 1950. Beberapa tahun berselang tepatnya pada tahun 1963, bank ini kembali berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara atau biasa dikenal dengan BTN.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau lebih dikenal dengan Bank BTN (yang selanjutnya disebut sebagai “Perusahaan”) - memiliki sejarah panjang dalam industri perbankan di Indonesia. Bank BTN didirikan pada tahun 1897 dengan nama Postspaarbank. Di era kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1950, Pemerintah Republik Indonesia mengubah nama Postspaarbank menjadi Bank Tabungan Pos, yang akhirnya menjadi Bank Tabungan Negara pada tahun 1963.

Pada tahun 1974, Perusahaan ditunjuk oleh Pemerintah sebagai satu-satunya lembaga yang mengucurkan KPR ke masyarakat menengah bawah, sejalan dengan inisiatif Pemerintah untuk mempromosikan program perumahan bagi rakyatnya. Perusahaan mencatatkan saham awalnya pada 17 Desember 2009 di Bursa Efek Indonesia, dan merupakan bank Indonesia pertama yang mengamankan aset dengan merekam Asset BackedSecurities - Collective Investment Contracts (KIK-EBA).

Sebagai bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, Bank BTN bersedia membantu orang Indonesia mengubah visi mereka menjadi kenyataan ketika datang ke rumah impian. Keinginan ini telah ditunjukkan dalam lebih dari enam dekade konsistensi dalam menyediakan berbagai produk dan layanan perumahan. khususnya melalui KPR (KPR), baik “Subsidi KPR” (KPR Bersubsidi) untuk segmen menengah ke bawah dan “KPR Non-Subsidi” (KPR Non Subsidi) untuk segmen menengah dan atas. Sebagai Bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, Perusahaan juga berhasil meningkatkan posisinya menjadi bank terbesar ke-9 di Indonesia dalam hal aset dan penyaluran kredit.

Bercita-cita menjadi perusahaan kelas dunia dengan tujuan memberikan hasil terbaik kepada para pemangku kepentingan; Bank BTN selalu konsisten dalam menekankan fokusnya sebagai pemimpin dalam pembiayaan perumahan. Saat ini, fokus bisnis Bank BTN ditekankan dalam tiga sektor: Mortgages & Consumer Banking, Housing & Commercial Banking, dan Perbankan Syariah. Setiap kelompok menjalankan bisnisnya melalui pinjaman, pendanaan, dan layanan terkait lainn.

Baca juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *