Bank Nagari

Bank Nagari

Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat resmi berdiri pada tanggal 12Maret 1962 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat yang disahkan melalui Akta Notaris Hasan Qalbi di Padang. Pendirian tersebutdipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakat dan tokoh pengusaha swasta di Sumatra Barat atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Badan Hukum PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatra Baarat ini disahkan melalui surat kepurusan wakil Menteri Pertama Bidang Keuangan Republik Indonesia No :BUM/9-44/II tentang Izin Usaha PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat dengan kedudukan di Padang.

Sesuai dengan perkembangan dan untuk lebih leluasa dalam menjalankan bisnis, tanggal 16 Agustus 2006 status Badan Hukum Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat berubah dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT) melalui perda No 3 tahun 2006 yang disahkan melalui Keputusan MenteriHukum dan HAM No :W300074HT.0101-TH.2007 tanggal 4 April 2007. Saat ini PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat telah berstatus Bank Devisa serta memiliki Unit Usaha Syariah.

Untuk hal itu, dalam dasar undang – undang no13 pada tanggal 16 Agustus 1962 tentang ketentuan-ketentuan poker Bank pembanguanan daerah, maka dasar hukum Bank Pembangunan daerah Sumatra barat ini diganti dengan peraturant daerah tingkat I. di  propinsi Sumatra Barat No 4 sehingga PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat diubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Sumatra Barat.

Dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap perbankan yang berprinsip syariah, maka Bank Nagari kembali membuka cabang syariah, yaitu cabang syariah Payakumbuh pada tanggal 12 juni 2008. Bank Nagari Syariah Payakumbuh memiliki 3 Cabang Pembantu Syariah Padang Panjang, Capem Syariah Batusangkar, dan Capem Syariah Bukittingi. Struktur Cabang Pembantu Syariah Bukittinggi.

Bank Nagari Capem Syariah Bukittinggi merupakan salah satu Cabang Pembantu Syariah.Bank Nagari yang diresmikan pada tanggal 5 Juli 2010 oleh direktur utama Bank Nagari Suryadi Asmi. Daerah Operasionalnya meliputi daerah administratif kota Bukittinggi dan wilayah Agam.

Secara Dejure walau wilayah operasionalnya meliputi kabupaten Agam tetapi secara defacto hanya dominan meliputi daerah Agam Timur saja karena adanya kedekatan wilayah operasional Agam Barat dengan Bank Nagari Cabang Lubuk Basung.

Baca juga":  Bank Permata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *