Bank Kalber

Bank Kalber

PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) meluncurkan sebuah buku tentang sejarah panjang Bank Kalbar yang kini telah berusia lebih dari setengah abad serta perannya dalam ikut membangun ekonomi daerah ini.

Peluncuran dilakukan bersamaan dengan penutupan rangkaian HUT ke-52 Bank Kalbar yang digelar pada Sabtu (23/04) malam di Gedung Pontianak Convention Center.

Buku tersebut mengisahkan bagaimana suka-duka saat pendirian Bank Kalbar untuk pertama kalinya oleh almarhum Drs H Nurdin yang saat itu sebagai Direktur Utama dan almarhumah Surtilah Unang Saleh Dono sebagai Direktur  pada 15 April 1964.

Awalnya Bank Kalbar masih merupakan Perusahaan Daerah (PD) di era Gubernur Kalimantan Barat J.C. Oevaang Oeray dengan modal awal dari Pemda Kalbar saat itu sebesar Rp20 juta.

Sedikit dikutip dari buku tersebut, adalah Danny Soelaiman. Ia merupakan salah satu dari pelaku sejarah Bank Kalbar. "Dulu Bank Kalbar kecil, tidak seperti sekarang sudah banyak gedung kantornya. Gedungnya pun tidak hanya di Pontianak, tapi sampai ke daerah-daerah. Dulu sama sekali kami tidak membayangkan bisa sebesar begini". Begitulah ungkapnya saat ditemui oleh tim penulis buku Sejarah Bank Kalbar.

Pada tahun 2005, Bank Kalbar melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah dengan membuka Kantor Bank Kalbar Cabang Syariah Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. SK/246/DIR Tahun 2005 tanggal 9 Desember 2005 dan telah mendapat ijin dari Bank Indonesia Pontianak melalui surat No. 7/24/ DPwBz/DWBz/Ptk tanggal 1 Desember 2005 perihal Ijin Pembukaan Kantor Bank Kalbar Cabang Syariah.

Jaringan pelayanan Bank Kalbar tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat dan juga di Jakarta Pusat, terdiri dari 1 Kantor Pusat, 21 Kantor Cabang, 59 Kantor Cabang Pembantu, 1 Unit Usaha Mikro, 58 Kantor Kas, 22 Kas Mobil, 63 Payment Point, 65 Layanan Syariah, 208 mesin ATM, dan 14 Mesin CDM.

Di pekan lalu pada tanggal 15 April 196, bank Kalbar telah diresmikan di indonesia dengan menggunakan ruang bekas kepala bagian Perekonomian Kantor Gubernur Kalimantan Barat yang saat itu berlokasi di bilangan jalan Sultan Syahrir - Kota Baru.

Namun saat ini, di usia ke 52 Bank Kalbar telah menjelma menjadi bank besar dan kuat  seiring perkembangan zaman yang semakin moderen serta berbasis teknologi informasi yang canggih. Bank Kalbar semakin siap melayani seluruh masyarakat Kalbar mulai dari perkotaan hingga daerah pelosok.

Dengan eksistensi yang cemerlang, penghargaan-penghargaan pun selalu dicapai dengan hasil memuaskan. Bank Kalbar sepanjang tahun 2015, diantaranya Bank Kalbar kembali dinobatkan sebagai Bank dengan predikat "Sangat Bagus" selama 15 tahun berturut-turut (tahun 2000 s/d 2014) oleh majalah Infobank dan menerima "Platinum Trophy".

Dalam perayaan Resepsi HUT dan malam ramah tamah tahun ini digelar sangat spesial. Sebanyak 75 doorprize berupa hadiah hiburan dipersiapkan oleh panitia HUT ke-52 kepada seluruh tamu undangan agar acara lebih semarak dan meriah. tentu saja semua tak terlepas dari partisipasi Mitra Kerja Bank Kalbar.

Baca Juga: Bank Pundi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *